Benchmarking Fakultas Syariah UIN Salatiga: Melirik Kesuksesan Digitalisasi Pelayanan Akademik di Universitas Indonesia

Laporan: Evy Laily M. Editor: Nanang

Depok(10/7)- Digitalisasi dalam dunia pendidikan adalah niscaya mengingat perkembangan pesat teknologi informasi di era ini. Sebagai upaya percepatan input pengetahuan dalam tataran praktis, FaSya berkunjung ke Universitas Indonesia tepatnya Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Diharapkan dari kunjungan ini ada banyak ilmu baru didapatkan sebagai masukan yang bisa diimplementasikan secara praktis di FaSya, utamanya yang terkait dengan pelayanan kepada mahasiswa dan dosen.

Dr. Moh. Khusen, M.Ag., M.A. selaku Wakil Dekan 2 mengawali kunjungan dengan memperkenalkan rombongan sekaligus menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan. Kunjungan diterima langsung oleh Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan ibu Nurul Isnaeni, Ph.D.

Dalam sambutannya, Nurul Isnaeni, Ph.D. memaparkan proses perjalanan digitalisasi pelayanan akademik semenjak masa covid 2019. Pasca covid, digitalisasi pelayanan ini terus dikembangkan seiring dengan kebutuhan mahasiswa di bidang akademik dengan penyesuaian teknologi informasi yang kian maju sekaligus sebagai implementasi konsep paperless. Diantaranya adalah pelayanan persuratan, pendaftaran sidang, informasi perkuliahan dan kegiatan akademik lainnya.

Didampingi manajer pendidikan, manajer SDM serta tim IT, banyak hal disampaikan secara detail dalam kunjungan kali ini. Di antaranya tentang Prosedur Operasional Baku, Pelayanan Digital dengan SIKES, tentang masa pensiun dan digital juga tentang pengelolaan website.

Tentang POB misalnya, manajer pendidikan FISIP UI menyampaikan setidak ada 28 prosedur operasional baku yang diterapkan di FISIP UI. 28 POB ini disaring dari sekian banyak kebutuhan mahasiswa dan dosen yang bersifat akademis dan rutin ada di setiap tahun. Yaitu 4 POB di tahap persiapan perkuliahan, 8 POB pada tahap perkuliahan inti, 3 POB di tahap ujian dan 13 POB di tahap akhir atau sidang.

Kunjungan diakhiri dengan ramah tamah dan foto bersama serta penyerahan kenang-kenangan dari kedua pihak. Harapan dari kunjungan ini adalah terwujudnya peningkatan di bidang pelayanan akademik, utamanya dalam hal konversi pelayanan mahasiswa dan dosen, dari yang manual menuju pelayanan berbasis digital.