Benchmarking Fakultas Syariah UIN Salatiga: Semangat Kemandirian, Inisiatif dan Kreativitas Universitas Pamulang dalam Pengelolaan Layanan Digital

Laporan: Evy Laily M. , Editor: Nanang

Pamulang (11/07) Dalam rangka percepatan peningkatan pelayanan pendidikan berbasis digital, Fakultas Syari’ah UIN Salatiga, melakukan kunjungan ke Universitas Pamulang pada Kamis (11/7/2024). Kunjungan ini merupakan kelanjutan kunjungan bencmarking sebelumnya ke Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia dalam tema yang sama. Pilihan ke Universitas Pamulang didasari pada realitas perkembangannya yang sangat pesat di samping prestasi digitalisasi layanan yang berhasil dikembangkan sebagai solusi keterbatasan tenaga kependidikan yang dimiliki.

Dalam sambutannya, Dr. Moh. Khusen, M.Ag., M.A. selaku Wakil Dekan Bidang Administrasi Umum Perencanaan dan Keuangan sekaligus pimpinan rombongan menyampaikan maksud dan tujuan kunjungan yaitu untuk studi perbandingan dan pengembangan tentang layanan digital. Kunjungan ini sekaligus sebagai upaya upgrade wawasan dan pengetahuan tentang bagaimana memberikan pelayanan yang prima berbasis digital kepada mahasiswa. Bertambahnya SDM baru di Fakultas Syari’ah, khususnya tenaga kependidikan dan teknologi informasi membutuhkan suntikan energi dan motivasi. Kunjungan ini juga merupakah salah satu langkah produktif lembaga untuk mengembangkan lembaga pendidikan meskipun Fakultas Syari’ah UIN Salatiga dan Universitas Pamulang memiliki pijakan tradisi yang berbeda, di mana Universitas Pamulang merupakan lembaga swasta di bawah yayasan yang secara kebijakan tentu lebih longgar dalam mengembangkan banyak hal.

Kunjungan Fakultas Syari’ah UIN Salatiga disambut langsung oleh Rektor Universitas Pamulang, Dr. E Nurzaman A.M., M.M, M.Si. didampingi Wakil Rektor I, Wakil Rektor III, Dekan Fakultas Agama Islam beserta Ketua Program Studi Manajemen Pendidikan Islam dan Ekonomi Syari’ah. Dalam sambutannya, Rektor Universitas Pemulang menyampaikan tentang pentingnya kemandirian, inisiatif dan kreativitas lembaga untuk memajukan pendidikan secara lebih luas. Benchmarking antar institusi pendidikan menjadi salah satu cara yang paling mungkin dilakukan sebagai sebuah media untuk saling berbagi dan mendukung pengembangan masing-masing lembaga.

Dalam sessi diskusi, Wakil Rektor I Dr. Ubaid Al Faruq, S.Pd., M.Pd. menjabarkan banyak hal tentang pelayanan akademik berbasis sistem digital di Universitas Pamulang yang terbukti secara efektif dapat mempercepat proses layanan akademik sekaligus mencapai target yang diharapkan, sejak dari administrasi penyusunan jadwal kuliah, presensi kuliah, pergantian kelas, layanan administrasi persuratan hingga bimbingan dan ujian tugas akhir serta wisuda. Belasan ribu jadwal kuliah bagi seluruh mahasiswa di berbagai program studi yang tersebar di tiga lokasi kampus pun bisa diselesaikan hanya dengan satu klik tombol dan hanya membutuhkan waktu kurang dari lima menit.

Digitalisasi semua proses layanan akademik juga memungkinkan semua kegiatan dapat secara langsung terarsipkan, efisien secara keuangan karena paperless, mendukung program green campus karena zero polusi kertas bekas. Keuntungan lain bahwa dengan digitalisasi pelayanan membuat semua hal bisa diakses kembali pada waktu yang berbeda di masa depan serta secara mudah dan luas bisa diakses oleh seluruh sivitas akademika mulai dari pimpinan lembaga, pengelola lembaga, dosen, mahasiswa maupun tenaga kependidikan dalam memenuhi kebutuhan terhadap kewajiban administrasinya masing-masing.